Langsung ke konten utama

Unggulan

Resep Cara Membuat Roti Isi Sosis

Bahan: - 1500 g tepung terigu tinggi protein/hard wheat/cap cakra - 500 g tepung terigu protein sedang/medium wheat/cap segi tiga biru - 400 gula pasir - 35 g ragi instan/fermipan - 300 g mentega/margarin - 500 ml susu tawar cair - 1 sdt bread improver/pengempuk roti/baker bonus - 400 ml air es/air dingin - 160 g telur - 25 g garam halus Olesan, aduk rata: - 4 butir kuning telur - 4 sdm susu tawar cair - 2 sdt gula halus Isi: 600 g sosis sapi, kerat, goreng. Tiriskan Cara Membuat: Campur tepung terigu dengan ragi instan, gula pasir, bread improver, telur dan garam di dalam mangkuk mixer roti/mangkuk adonan. Jalankan mixer kecepatan 1 selama 2 menit. Tuang air, susu tawar cair. Jalankan 2 menit, hentikan pengadukan dan tambahkan margarin/mentega. Aduk kembali selama 10 menit atau hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis. Bulatkan adonan, letakan di dalam tempat tertutup dan hangat. Fermentasikan/diamkan selama 50 menit atau hingga adonan mengembang dua k

CARA BERBISNIS MARTABAK MANIS MAUPUN MARTABAK TELUR

Berbisnis martabak mempunyai prospek yang cukup bagus karena makanan ini cukup digemari oleh masyarakat. Apalagi jika cuaca di daerah tersebut cukup dingin, omset penjualan martabak bisa meningkat dratis. Selain itu keuntungannya juga menggiurkan.

BAGAIMANA MEMULAI USAHA
Usaha membuat martabak biasanya dengan mengunakan gerobak. Kita bisa ikut menggunakan cara itu atau bisa membuat sebuah warung yang menyediakan juga meja dan tempat duduk agar pelanggan bisa langsung memakan martabak yang dipesannya langsung ditempat usaha kita.

Sebelum memulai usaha ini, hal yang pertama harus kita lakukan adalah survei lokasi yang tepat. Lokasi tersebut harus strategis dan dekat dengan jalan raya, karena membuat penjualan lebih mudah. Sambil mencari lokasi, kita bisa membuat gerobak sebagai sarana penjualan kita dan kursi serta meja.

Jika semuanya sudah siap kita bisa memulai usaha ini setelah beberapa eksperimen untuk menemukan resep terbaik dalam membuat martabak baik manis maupun telur.

KUNCI SUKSES
- kualitas rasa dan bahan
- lokasi yang strategis
"Lokasi yang paling baik adalah di pinggir jalan raya yang banyak dilalui kendaraan. Jika bisa dekat dengan pusat keramaian juga semakin baik bagi peningkatan omset penjualan".
- kenyamanan tempat usaha
"Kenyamanan bisa diusahakan dengan menjaga kebersihan gerobak dan tempat usaha. Selain itu pencahayaan yang cukup juga membuat pelanggan bisa lebih betah".
- pelayanan yang ramah.

STRATEGI PROMOSI
- diskon pada awal pembukaan
- pemasangan atribut di sekitar tempat usaha
"pemasangan atribut seperti spanduk, papan nama dan berbagai hal lain bisa membuat tempat usaha kita lebih dikenal".
- kemasan
"kemasan untuk dibawa pulang pelanggan biasanya berupa kardus. Sedangkan untuk dimakan di tempat, menggunakan piring yang datar dan peralatan lain seperti pisau, sendok dan garpu".

Analisis Bep
INVESTASI AWAL
- gerobak, peralatan masak Rp 2.000.000
- peralatan pendukung "kursi, meja, alat makan" Rp 2.000.000
- lain-lain "spanduk/papan nama dsb" Rp 1.000.000
Total: Rp 5.000.000
TOTAL PENDAPATAN (OMSET) Rp 35.000.000
Pengeluaran operasional
Bahan baku Rp 30.000.000
Kemasan Rp 1.000.000
Total: Rp 31.000.000
Keuntungan pebulan Rp.4.000.000
ANALISA BEP
Investasi awal : Rp. 5.000.000
Keuntungan : Rp. 4.000.000
1-2 bulan

Catatan:
@ diluar biaya sewa tempat

Komentar

Postingan Populer