Langsung ke konten utama

Unggulan

Resep Cara Membuat Roti Isi Sosis

Bahan: - 1500 g tepung terigu tinggi protein/hard wheat/cap cakra - 500 g tepung terigu protein sedang/medium wheat/cap segi tiga biru - 400 gula pasir - 35 g ragi instan/fermipan - 300 g mentega/margarin - 500 ml susu tawar cair - 1 sdt bread improver/pengempuk roti/baker bonus - 400 ml air es/air dingin - 160 g telur - 25 g garam halus Olesan, aduk rata: - 4 butir kuning telur - 4 sdm susu tawar cair - 2 sdt gula halus Isi: 600 g sosis sapi, kerat, goreng. Tiriskan Cara Membuat: Campur tepung terigu dengan ragi instan, gula pasir, bread improver, telur dan garam di dalam mangkuk mixer roti/mangkuk adonan. Jalankan mixer kecepatan 1 selama 2 menit. Tuang air, susu tawar cair. Jalankan 2 menit, hentikan pengadukan dan tambahkan margarin/mentega. Aduk kembali selama 10 menit atau hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis. Bulatkan adonan, letakan di dalam tempat tertutup dan hangat. Fermentasikan/diamkan selama 50 menit atau hingga adonan mengembang dua k

SINGKATAN daftar istilah

A1-Net
Adalah nama operator jaringan GSM 900 di Austria

ACD (Automatic Call Distributor)

Adalah system yang menangani lalu lintas panggilan masuk dan keluar pada sebuah station yang tersedia berdasarkan group yang telah ada. Jika semua station sedang sibuk maka system akan merekam pesan yang dapat diputar kembali, dan panggilan akan meletakkan antrean pesan tersebut hingga station tersedia.

Accessories

Adalah variasi tambahan yang sangat beragam pada suatu peralatan untuk memperluas produktivitas pada telepon mobile Anda, termasuk baterai, hand free kit, car kit, casing, kamera dan sabuk klip.

Acoustic Coupler

Adalah sebuah alat pendukung tambahan telepon yang diletakkan pada ponsel atau telepon biasa. Alat ini dikoneksikan ke modem, dan modem akan mengakses jaringan telepon menggunakan alat ini. Akan tetapi, modem-modem modern saat ini telah dapat dikoneksikan secara langsung ke jalur telepon.


ADSL

Adalah kepanjangan dari Asynchronous Digital Subscriber Line yang akan mengubah jalur telepon Anda ke koneksi digital.


Airtime

Waktu yang dipantau oleh service provider Anda untuk menentukan besar tagihan telepon Anda yang meliputi permintaan panggilan atau penerimaan, SMS, e-mail, dan fax.

All inclusive
Anda dapat membayar biaya layanan dalam satu tahun di depan sehingga Anda akan mendapatkan discount. Kepastian dalam jumlah menit telepon Anda dalam satu bulan telah disertakan di dalam harga.

AIC
Advanced Intelligent Networks, teknologi jaringan telekomunikasi canggih yang terkini.

AMPS
(Advanced Mobile Phone Service) adalah system telepon mobile analog seluler di Amerika Utara dan selatan, dan telah digunakan lebih dari 35 negara lain. Sistem ini menggunakan teknologi transmisi FDMA.

Analog
Adalah metode transmisi menggunakan sinyal elektris yang berkelanjutan, variasi dari amplitudo atau frekuensi akan terjadi untuk merespon perubahab suara, cahaya, posisi, dan lainnya. Metode ini akan mempengaruhi metode trasfer dalam unit pengiriman. Data analog ini berujud gelombang sinus.

Analogue
Adalah teknologi lama yang dahulu digunakan pada system telepon mobile pada awal-awal perkembangannya. Telepon analog masih digunakan, akan tetapi jaringan-jaringannya telah mencobo beralih ke digital, teknologi yang lebih baru.


ANSI
ANSI graphics adalah kode pengatur kursor yang digunakan pertama kali pada terminal cerdas VT100. Pada beberapa BBS menggunakan kode ini untuk memperbaiki pengiriman huruf ke program komunikator. ANSI digunakan untuk membentuk huruf, menjadikan huruf lebih hidup di layar, mengubah warna, dan lain-lain.

Antena
Adalah peralatan untuk mengirimkan dan menerima sinyal radio. Beberapa ponsel mempunyai antena yang telah built-in.

Archie
Program dan database yang filenya diletakkan di internet.

Architecture
Adalah pengaturan dan orkestra serta interaksi desain dari beberapa bagian menjadi sebuah system komunikasi yang lengkap dan kompleks.

ARPANET
Dari singkatan ARPA (Advanced Research Projects Agency) dan network. Adalah jaringan eksperimental pada awal-awal diterapkan.

ASCII
American Standard Code of Information Interchange. Standardisasi ini menggunakan 7 bit untuk merepresentasikan semua huruf, baik besar maupun kecil, termasuk angka, tanda baca, dan karakter yang lain. ASCII biasanya menggunakan form 8 bit yang membentuk byte-byte tertentu.

ASCII trasfer
Adalah proses saat file teks dikirim secara langsung apa adanya tanpa penambahan kode-kode tertentu.

Asynchronous
Adalah metode transmisi di mana informasi akan ditransfer dalam karakter tertentudengan route pemetaan yang jelas menggunakan undikator awal dan akhir oada setiap pemulaan dan akhir dari sebuah karakter. Dengan metode ini apabila jalurnya mengalami gangguan noise, modem dapat mencari cara yang tepat di mana byte selanjutnya dapat dimulai. Lawan dari asynchronous adalah transmisi AYNCHRONOUS.
AT command
Adalah instruksi yang dikirimkan ke modem menggunakan permulaan “AT”.

ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Adalah standar CCITT yang digunakan pada jaringan high-speed (broadband) packet-switched yang beroperasi pada kecepatan transmisi digital di atas 1.544 Mbps. Protokol komunikasi ini menentukan bagaimana membedakan jenis traffic yang ditransformasikan pada paket terstandardisasi yang akan diatur secara seragam di dalam jaringan.

Attendant
Adalah operator konsol PBX atau switchboard telepon.

Auto Reliable
Adalah kemampuan modem untuk digunakan dalam melakukan komunikasi dengan modem yang akan bekerja melakukan pengaturan kontrol kesalahan pada kompresi data.

Back up
Pembuatan salinan sebuah file yang disimpan pada tempat yang dianggap lebih aman.

Band
Pada komunikasi wireless, band adalah merujuk pada frekuensi atau range frekuensi yang berdekatan. Band ini sering diterjemahkan menjadi pita, dalam bahasa Indonesia.

Bandwidth
Adalah rane relatif frekuensi yang dapat dilalui tanpa terjadinya distorsi pada transmisi medium. Bandwidth yang besar berarti kapasitas unformasi yang terbawa pada sirkuit transmisi lebih tinggi. Bandwidth, biasanya diukur dalam satuan Hertz, yang ditakar dalam jumlah bit yang dapat ditransfer dalam hitungan per detik.

B channel
Adalah pembatasan pesan pada channel digital 64 Kbps yang ditentukan berdasar standar ISBN. B channel ini digunakan untuk transmisi digital pada data high speed dan video.

Balun
Balanced/unbalanced. Adalah peralatan yang mengkoneksikan balanced line (two-wire) seperti pada saluran telepon ke saluran unbalanced (coaxial) seperti pada saluran kabel. Pada jalur two-wire disebut balanced karena arus pada setiap kawat adalah sama dengan arah yang berlawanan satu sama lain.

Baud
Istilah ini berhubungan dengan kecepatan komunikasi modem secara teknis, istilah ini berkaitan dengan sejumlah perubahan sinyal elektronik dalam satuan per detik. Jumlah perubahan tersebut juga digunakan pada satuan bit per second atau bps sehingga terkadang bps dengan baud dapat digunakan untuk saling bertukar ukuran.
Bagaimanapun juga, keduanya mempunyai perbedaan, yang terkadang membingungkan. Sebaga contoh, beberapa modem mempunyai kecepatan 1200bps ditawarkan sebagai 1200 baud, meskipun dioperasikan pada 600 baud. Hal ini dikarenakan pengiriman dilakukan dalam 2 bit kali 600 dalam detik, yang berarti 600 baud. Hal ini terkadang memberikan penafsiran yang keliru, oleh karena itu Anda dapat mengasumsikan bahwa saat Anda melihat baud, dapat diartikan sebagai bps. Bud ini digunakan untuk menghormati ilmuwan yang bernama J.M.E. Baudot.

Basic
Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code. Adalah sebuah bahasa pemrograman. Diberi istilah symbolic karena programer dapat menggunakan symbol untuk mewakili angka dan informas. Di dalam ilmu aljabar, symbol ini disebut variable.

Base station
Sebuah daerah atau lokasi tertentu yang dibangun sebuah pemancar maupun penerima sinyal radio. Alat ini merupakan peralatan jaringan yang sangat vital.

Battery
Sumber tenaga atau catu daya pada telepon mobile.

Bell Atlantic

Salah satu dari tujuh regional bell operation companies (RBOC’s) yang dimiliki oleh Bell operating companies kemudian pecah menjadi AT&T.

Bell System
Pada periode 1 Januari 1984, Bell operating companie menyediakan layanan local exchange phone. Devisi AT&T mengembangkan koneksi jarak jauh, sedangkan peralatannya dikenal sebagai Westem Electric, dan bagian penelitian dan pengembangannya dikenal sebagai Bell Laboratories. Bell System kemudian memisahkan diri dengan AT&T.

BFT
Binary file Transfer.

B-ISDN (Broadband integrated services digital network)
Pengembangan standard internasional CCITT untuk generasi kedua 2G yang mengintegrasikan layanan jaringan digital. Layanan broadband ISDN akan dikembangkan di jaringan fiber-optic yang menggunakan paket switching yang telah distandardisasi dan mengintegrasikan suara, data, gambar monochrome, faksimili, dan gambar warna serta video untuk transmisi local dan jarak jauh.

Bit
Unit terkecil dari informasi digital yang digunakan pada bidang elektronik dan proses optis informasi, storage, atau system transmisi.
Bit adalah kepanjangan dari binary digit. Teknologi Binary mempunyai dasar para representasi data menggunakanangka 0 dan 1, bentuk kombinasi ini merupakan protocol medium untuk semua transmisi data.

Bluetooth
Bluetooth adalah koneksi wireless pada telepon mobile, komputer atau personal digital assistants (PDA) dengan jangkauan yang pendek (short-range).

BPS
Bits Per Second. Adalah kecepatan transmisi modem yang diukur dalam baud atau bps. Bps dikenal sebagai sejumlah bit yang dikirimkan oleh modem pada setiap detik.

Block size
Saat menggunakan protocol pengaturan kesalahan atau protocol kompresi data, yang merujuk pada jumlah karakter yang dapat dikirimkan pada satuan waktu tertentu, kode akan dikirimkan dengan segera dengan system blok.
Blok-blok tersebut berukuran 64, 128, 192, atau 256 karakter. Ukuran blok yang kecil digunakan saat kualitas jalur tidak baik (seperti pada jalur panggilan yang mempunyai jarak yang panjang). Penggunaan ukuran blok yang besar sangat baik digunakan pada koneks panggilan local dengan kualitas koneksi yang baik.

Byte
Unit informasi yang terkecil di mana system komputer dapat menempatkannya pada media simpan atau memory. Byte berisi delapan bit yang mewakili informasi secara garis besar yang ekuivalen dengan sebuah karakter seperti pada mesin ketik, di mana karakter tunggal tersebut terbuat oleh kombinasi 8 bit.

Call Barring
Fitur yang mengizinkan user untuk melakukan bloking baik panggilan keluar atau masuk.

Call Divert
Fitur yang mengizinkan user untuk mengalihkan panggilan ke nomor telepon lain atau ke voice mail.

Call Forwarding
Fitur yang memperbolehkan user memprogram teleponnya untuk dapat berdering pada lokasi alternatif yang lain, call forwarding ini mungkin akan berpengaruh di mana telepon kelihatannya selalu dalam keadaan sibuk atau tidak dijawab.

Call Hold
Fitur yang mengizinkan user untuk meletakkan terlebih dahulu pemanggilan dalam keadaan hold di mana panggilan yang lain terjadi dan membutuhkan jawaban.

Call Park
Fitur yang mengizinkan panggilan pada ekstensi yang sibuk untuk ditempatkan pada posisi hold hingga seseorang pada ekstensi tersebut atau ekstensi lain telah bebas intuk menjawab. Panggilan akan diletakkan pada posisi “park” dengan melakukan dial menggunakan kode khusus.

Call Transfer
Fitur yang mengizinkan panggilan untuk di pindahkan ke telepon yang lain.

Call Waiting
Fitur yang menyediakan indikator suara atau visual di mana saat jalur telepon tunggal yang digunakan terdapat panggilan lain yang musak.

Caller ID
Layanan pada perusahaan telepon yang mengizinkan pesawat penerima untuk menampilkan nomor telepon sebelum melakukan jawaban. Caller ID biasanya membutuhkan interface hardware telepon tambahan untuk menyediakan informasi tambahan.

Camp-on
Adalah metode pada lingkungan PBX, di mana panggilan masuk maupun keluar akan dimasukkan pada ekstensi yang sibuk atau pada jalur seperti pada posisi hold, di mana saat jalur tersedia, maka panggilan akan diingatkan kembali.

Car Kit
Adalah asesoris yang dapat digunakan untuk menambah fungsi dari ponsel Anda. Sebagai contohnya adalah hands-free, charger, antena eksternal, speaker, dan microphone.

Card
Adalah lembaran atau kepingan material yang berisi komponen elektronika dan sirkuit yang saling berinterkoneksi. Card biasanya mempunyai sebuah titik di mana koneksi ke card atau komponen digunakan.

Card Services
Pengguna DOS dan Windows 3.1x harus mempunyai Card Services yang disediakan untuk slot komputer PCMIA. Secara otomatis Communication Ports (COM 1 hingga 5) akan mengalokasikan modem yang tersembung. Option pada modem akan dapat diakses menggunakan program komunikasi via Windows tanpa harus melakukan instalasi melalui port COM.
Biasanya telah dialokasikan secara otomatis pada Communication ports (COM 1 hingga 5) yang digunakan sebagai penyambung modem. Dengan demikian user tidak harus direpotkan dengan instalasi menggunakan DOS.

CCITT (Consultative Committee on International Telegraph and Telephone)
Prinsip-prinsip standar penulisan internasional pada jaringan telekomunikasi digital (ISDN).

Carrier Detect
Informasi ada atau tidaknya sinyal modem, seperti pada saluran telepon biasanya saat melakukan dial atau melakukan fax.

Cell
Area geografis yang digunakan untuk menentukan range sinyal pada setiap base station.

CIS
Card Information Service. Adalah pengaturan protocol pada PCMCIM.

CDMA
Singkatan dari Code-Division Multiple Access, adalah teknologi seluler digital yang menggunakan teknik penyebaran spectrum. Tidak seperti pada GSM yang menggunakan timedivision multiplexing (TDM), CDMA tidak memberikan penanda pada frekuensi khusus pada setiap user. Setiap channel menggunakan spektrum yang tersedia secara penuh. Percakapan individu akan di encode atau disandikan dengan pengaturan digital secara pseudo random.CDMA dikembangkan oleh Qualcomm, Inc.

CDPD
Kepanjangan dari Cellular Digital Packet Data, adalah teknologi transmisi data yang dikembangkan untuk digunakanpada frekuensi telepon seluler. CDPD menggunakan channel seluler yang belum digunakan (pada range 800-900-Mhz) untuk melakukan transmisi data dalam sebuah paket. Teknologi ini menawarkan kecepatan transfer data hingga 19,2 Kbps, lebih cepat dalam pemanggilan, dan lebih baik dalam koreksi kesalahan daripada penggunaan modem pada channel seluler analog.

CDPR
Cellular Digital Packet Radio.

Cell
Pada bidang komunikasi dan jaringan berarti ukuran yang pasti dalam sebuah paket data. Sedangkan pada system telepon seluler berhubungan dengan area geografis.

Cellular
Merujuk pada system komunikasi, khususnya pada sistem Advance Mobile Phone Service (AMPS), yang membatasi area geografis ke dalam beberapa bagian yang disebut sel. Tujuan dari pembagian ini adalah untuk penggunaan yang menyeluruh yang dibatasi oleh sejumlah frekuensi transmisi yang terbatas.
Setiap koneksi, percakapan, membutuhkan frekuensi yang terdedikasi, dan total jumlah frekuensi yang tersedia adalah sekitar 1000. Untuk mendukung lebih dari 1000 percakapan yang simultan, sistem selular mengalokasikan pengaturan sejumlah frekuensi pada setiap sel. Dua sel dapat menggunakan frekuensi yang sama untuk perbedaan percakapan selama sel tersebut tidak saling berdekatan satu sama lain.
Untuk komunikasi secara digital, beberapa sistem seluler kini telah ada termasuk GSM dan CDMA.

Checksum
Jumlah angka yang mewakili group yang besar dengan tujuan untuk melakukan pemeriksaan pada transmisi data. Biasanya digunakan saat melakukan download program, seperti pada protocol pengatur kesalaha. Cheksum adalahhasil dari persamaan matematika, seperti penambahan semua angka serta melakukan blok bersama (meskipun biasanya lebih rumit).

Chip Set
Adalah sekumpulan chip IC yang sangat penting pada peralatan-peralatan komputer yang biasanya dibuat oleh satu pabrikan. Saat beberapa pabrik membuat modem, hanya ada beberapa jenistertentu chip yang digunakan. Karena pabrikan chip hanya ada beberapa pabrik saja yang khusus memproduksinya. Dengan jumlah produksi yang bersifat massal menjadikan chip mempunyai harga yang murah. Hal tersebut menjadikan harga modem menjadi murah di pasaran
Clip
Caller Line ID Presentation. Adalah kode yang dikirimkan melalui saluran telepon pada beberapa area saat seorang melakukan pemanggilan telepon. Kode ini berisi nomor telepon yang melakukan pemanggilan. Beberapa modem dapat digunakan untuk mengenali sinyal ini, memberitahukan siapa yang telah melakukan pemanggilan sebelum Anda menjawab panggilan tersebut.

CMOS
Complementary Metal Oxide Semiconductor. Adalah Chip yang menggunakan sejumlah kecil daya elektrik. Biasanya digunakan secara khusus sebagai suplai tenaga pada baterai komputer dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi komputer saat tidak sedang digunakan.

CLIR
Caller Line ID Restriction. Kemampuan untuk melakukan block saat Anda melakukan pemanggilan telepon sehingga seseorang tidak dapat melihat nomor Anda.

CO (Central Office)
Fasilitas telekomunikasi umum yang akan menjadi carrier atau membawa panggilan yang kemudian akan dipswitch. Pada pertukaran data di area local, central office akan melakukan switch panggilan di antara10.000 jalur group pertukaran yang dapat diberikan alamat unik oleh kode area tiga digit awal pada nomor telepon.

Codec (Coder/Decoder)
Peralatan yang dapat melkukan transformasi input analog ke output code digital dan melakukan tranformasi dari sinyal digital ke output analog. Peralatan ini biasanya terdapt pada sistem-sistem videoconverencing karena videconverencing ini sangat intensif menggunakan saluran ISDN.

Common Carrier
Regulasi pemerintah pada perusahaan swasta untuk memberikan pelayanan telekomunikasi atau fasilitas komunikasi untuk masyarakat umum.

Communications Program
Program yang mengatur sebuah modem, dan mempunyai fitur yang dapat mengizinkan pengguna untuk melakukan upload, download, dll. Hal seperti program terminal, akan tetapi lebih baik. Sebagai contoh adalah program Trumpet WinSock untuk melakukan koneksi ke internet, dan Windows Hyper Terminal.

Compress
Membuat data menjadi kecil ukurannya dan irit ruang. Saat Anda melakukan pengarsipan program, proses kompresi akan dilakukan dengan tujuan agar file mempunyai ukuran yang kecil dan akhirnya akan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk melakukan transfer melalui modem. Beberapa modem saat ini mempunyai kemampuan untuk melakukan kompresi secara otomatis sebuah informasi yang akan dikirim maupun diterima.

Conference Call
Panggilan telepon yang dapat dilakukan hingga 3 atau lebih sekaligus. Kualitas suara dari conference call ini biasanya akan turun karena kehilangan data suara saat berada di jalur telepon, kecuali jalur tersebut mempunyai bridge atau amplifier (penguat) sebelum melakukan transmisi.

Connection fee
Biaya saat Anda melakukan koneksi ke jaringan telepon mobile.

Control Group
Seseorang yang bertugas sebagai pembanding atau melakukan testing dan riset.

Converage Area
Adalah area geografis yang telah ditetapkan sebagai cakupan area layanan kepada user.

CRC (Cyclic Redundancy Chech)
Metode deteksi kesalahan di dasarkan pada transformasi nilai bit dan paket data atau frame.

CTS
Clear To Send. Adalahkeadaan di mana modem akan memberikan pemberitahuan pada komputer lain bahwa dapat dilakukan pengiriman informasi ke komputer lain.

CTS/RTS (Clear to send/Request to send)
Metode pengaturan aliran arus yang menggunakan sinyal CTS dan RTS. Metode di lakukan pada sisi hardware, dan bukan merupakan software.
DAA
Data Access Arrangement. Peralatan yang digunakan untuk menyambung modem ke switch jaringan telepon.

D-AMPS
(Digital-Advanced Mobile Phone Service). Layanan digital yang sama dengan layanan seluler analog. Dengan menggunakan teknologi digital TDMA, sistem ponsel analog dapat di up-grade menjadi D-AMPS.

Data Services
Kemampuan untuk melakukan akses layanan seperti e-mail, fax, SMS menggunakan ponsel mobile.

DCE
Data Circuit Terminating Equipment. Adalah pengaturan dan perawatan koneksi link data melalui media komunikasi. Seperti contoh komunikasi menggunakan modem.

Data Compression
Teknik untuk mengurangi jumlah ruang memory komputer atau sumber transmisi yang dibutuhkan untuk menangani kuantitas data hingga sebuah aplikasi menggunakan algoritma matematis dalam proses transformasi data.

Data Transmission rate
Kecepatan lalu lintas data. Sebagai contoh, data dapat dikirim pada kecepatan 115.200 bps. Sama dengan transmission rate, transmissionspeed, data rate.

DB
Singkatan dari decibel. Decibel adalh ekspresi dari sejumlah kekuatan sinyal pada sebuah transmisi.

D Channel
Pensinyalan dan channel transmisi data (sesuai dengan standard ISDN) yang digunakan untuk melakukan pengaturan sinyal transmisi jaringan untuk menangani panggilan telepon.

Dedicated Line
Sirkuit komunikasi atau channel yang disediakan untuk penggunaan esklusif untuk beberapa pesawat penerima, yang biasanya disebut jalur private.
DERA
Defence Evaluation and Research Agency.

DID (Direct Inward Dialing)
Saat panggilan dikirimkan melalui sirkuit DID akan didahului oleh paket informasi yang berisi angka yang telah dihubungi. Dengan dasar decode sistem telepon, informasi ini akan diroutekan menjadi panggilan ke sebuah ekstensi yang telah diprogram untuk disesuaikan dengan nomor yang dipanggil. Keuntungan pelanggan adalah akses akan dikumpulkan terlebih dahulu untuk menyediakan telepon individual yang banyak dengan ketersediaan akses secara langsung.

Digital
Sistem yang menggunakan nomor angka diskret untuk mewakili data. Di dalam sistem komputer, terdapat angka 0 dan 1 sebagai kode biner.
Digital adalah teknologi yang digunakan pada jaringan. Jaringan digital mempunyai cakupan yang lebih baik, beberapa layanan menggunakannya karena alasan keamanan dari pada menggunakan jaringan analog.

Digital Switch
Adalah peralatan yang digunakan untuk mengatur jalur transmisi sinyal digital antar user.

Download
Menyalin program atau fila antar-komputer/pda/Internet/ponsel.

Dual Band
Telepon yang dapat digunakan dan beroperasi pada dua band frekuensi, seperti 900 MHz dan 1800 MHz.

DSR
Data Set Ready. Adalah indikasi di mana modem dalam keadaan hidup, dan siap untuk menerima input (perintah atau data yang akan dikirim keluar lewat jalur telepon) dari komputer.

DTMF (Dual Tone Multi Frequency Signaling)
Biasanya di asosiasikan dengan nama AT&T.


DTR
Data Terminal Ready. Adalah sinyal yang dikirimkan dari komputer ke modem, untuk memberitahukan kepada modem di mana komputer telah siap untuk melakukan komunikasi.

Duplex
Transmisi simultan dua arah, terkadang dikenal sebagai full duplex untuk membedakannya dengan half duplx, yang merupakan alternatif transmisi pada arah yang lain. Transmisi dalam satu arah diberi nama simplex transmisi.

EDI
Kepanjangan dari Electronic Data Interchange, adalah metode transfer data antara dua perusahaan yang berbeda menggunakan jaringan, seperti Internet. EDI menjadi sangat penting sebagai peralatan mekanis yang mudah dalam membeli, menjual, dan bertukarinformasi. ANSI telah diakui sebagai standard EDI yang dikenal dengan standard X12.

EEPROM
Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory.

EFF
Electronic Frontier Foundation. Adalah organisasi yang mempromosikan hak-hak sipil di dunia cyber.

EFR
Enhanced Full Rate.

Encoder/Decoder
Peralatan yang digunakan untuk melakukan transformasi sinyal dari sebuah terminal ke sebuah group dengan bentuk pulsa digital yang mewakili huruf, nomor, atau symbol spesifik, dan ditrans-formasikan secara digital ke dalam bentuk yang telah ditentukan oleh terminal pengirim.

EPOC
Adalah sistem operasi yang digunakan oleh Psion dan pabrikan PDA yang lain.

E-mail
Adalah transfer elektronik pesan-pesan tertulis.

Error Correction
Adalah kemampuan modem melakukan peringatan dan review kesalahan dalam sebuah transmisi, kemudian mengirimkan kembali data yang keliru.

ETSI
European Telecommunications Standards Institute.

ECFP
European Conference on Computers, Freedom, and Privacy.

ESPRIT
European Strategi Program for Research in Information Technologies.

Ethernet
Adalah jaringan komunikasi data yang sangat popular dengan cakupan local, yang dikembangkan pertama kali oleh Xerox Corp, yang akan menerima transmisi dari komputer dan terminal.

Facilities
Jalur transmisi, switch, dan komponen fisik lain yang disediakan untuk layanan telepon.

Fax
Adalah metode transmisi grafis atau dokumen teks yang melalui fasilitas telekomunikasi. Gambar akan dilakukan scan oleh transmitter kemudian dikirimkan serta direkonstruksi kembali oleh pesawat penerima yang akan diduplikasikan ke dalam kertas.

Fiber optic
Teknologi yang menggunakan penyebaran sinar pada serabut gelas (atau plastik) untuk melakukan transmisi data. Kabel fiber optic ini adalah sebuah gabungan dari serabut gelas, di mana setiap serabutnya dapat digunakan untuk melakukan transmisi modulasi pesan ke dalam bentuk gelombang sinar. Fiber optic adalah alternatif pilihan lain, selain komunikasi kabel fiber optic ini dapat membawa lebihbanyak data. Kabel Fiber Optic mempunyai ukuran kapasitas bandwith yang lebih besar metal. Kabel fiber optic tidak mudah terkena interferensi seperti kabel metal. Kabel ini juga lebih kecil dari kabel metal. Data dapat ditrasmisikan secara digital dengan lebih baik pada secara analog.
Kelemahan dari fiber optic adalah kabel ini sangat mahal untuk diinstal. Di samping itu, kabel ini lebih rentan dan sangat susah untuk ditekuk atau dibengkokkan.

Komentar

Anonim mengatakan…
Today, I went to the beach with my children. I found
a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She put the shell to her ear and screamed.
There was a hermit crab inside and it pinched her ear.

She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but
I had to tell someone!

Here is my web-site; http://n.modareb.me/
Anonim mengatakan…
Usually I don't read post on blogs, however I would like to say that this write-up very forced me to try and do so! Your writing taste has been surprised me. Thanks, quite nice article.

Look at my webpage ... workouts for vertical jump
Anonim mengatakan…
you are truly a just right webmaster. The
website loading velocity is amazing. It kind of feels that you're doing any unique trick. Moreover, The contents are masterpiece. you have done a magnificent job on this matter!

Feel free to surf to my homepage ... http://www.elitescort.me
Anonim mengatakan…
Hi there I am so thrilled I found your web site, I
really found you by accident, while I was researching on Google for something else, Nonetheless I am here now and would just like
to say thank you for a tremendous post and a all round enjoyable
blog (I also love the theme/design), I don't have time to go through it all at the moment but I have book-marked it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the great job.

Take a look at my weblog - workouts to improve vertical
Anonim mengatakan…
When I originally commented I clicked the "Notify me when new comments are added"
checkbox and now each time a comment is added I get several emails with the same comment.

Is there any way you can remove people from that service?
Many thanks!

Feel free to surf to my blog :: Vertical Leap Workouts

Postingan Populer